NPM : 21211893
Kelas : 1 EB 21
Istilah
E-Commerce / Electronic Commerce yang dalam Bahasa Indonesia adalah
perdagangan elektronik yang memiliki pengertian yaitu suatu kegiatan
atau proses transaksi menjual dan membeli termasuk pemasaran suatu
produk (barang/jasa) dengan menggunakan media utama Internet.
E-Commerce
juga dapat didefinisikan dari beberapa sudut pandang, antara lain :
- Perdagangan : penyediaan sarana untuk membeli dan menjual produk, jasa, dan informasi melalui Internet atau fasilitas online lainnya
- Proses Bisnis : menjalankan proses bisnis secara elektronik melalui jaringan elektronik, menggantikan proses bisnis fisik dengan informasi
- Layanan : cara bagi pemerintah, perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya pelayanan/operasi sekaligus meningkatkan mutu dan kecepatan layanan bagi konsumen
- Komunikasi : pengiriman barang, jasa, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau sarana electronik lainnya
Sebelum
era elektronik/internet, batas-batas geografi menjadi penghalang
suatu perusahaan atau individu yang ingin menembus pasar
internasional. Sehingga, hanya perusahaan atau individu dengan modal
besar yang dapat memasarkan produknya ke luar negeri. Namun dengan
seiring perkembangan teknoligi dewasa, ini dengan media elektronik
internet pengusaha kecil dan menengah dapat memasarkan produknya
secara internasional cukup dengan membuat situs web atau dengan
memasang iklan di situs-situs internet tanpa batas waktu dan tentu
saja pelanggan dari seluruh dunia dapat mengakses situs tersebut dan
melakukan transaksi secara on-line.
Para
penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus
bertatap muka satu sama lainnya. Penjual tidak memerlukan nama dari
pembeli sepanjang mengenai pembayarannya telah disepakati oleh
penyedia sistem pembayaran yang telah ditentukan, yang biasanya
dengan kartu kredit. Banyak perusahaan yang bergerak di bidang
e-commercen dengan menawarkan barang tak berwujud separti data,
software dan ide-ide yang dijual melalui internet.
Industri
teknologi informasi melihat kegiatan E-commerce ini sebagai
aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan
dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik,
SCM (supply chain management), pemasaran elektronik (e-marketing),
atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online
(online transaction processing), pertukaran data elektronik
(electronic data interchange /EDI), dll.
E-commerce
merupakan bagian dari E-business, di mana cakupan E-business lebih
luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga
pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan
dll. Selain teknologi jaringan www, E-commerce juga memerlukan
teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), surat elektronik
(e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya
sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk E-commerce
ini.
Jenis-jenis
transaksi E-Commerce :
- Busines to Busines (B2B)
- Bussines to Cunsumer (B2C)
- Consumer to Consumer (C2C)
- Consumer to Bussines (C2B)
- Non-Bussines Electronic Commerce
- Intrabussines (Organizational) Electronic Commerce.
Manfaat
menggunakan E-Commerce dalam dunia bisnis oleh suatu perusahaan
antara lain :
- Ketersediaan informasi yang lebih banyak dan mudah diakses.
- Globalisasi Produksi, distribusi dan layanan konsumen.
- Mengurangi biaya transaksi dengan adanya system order, pembayaran dan logistik secara online dan otomatis.
- Dapat meningkatkan mangsa pasar.
- Menurunkan biaya operasional .
- Melebarkan jangkauan .
- Meningkatkan customer loyalty.
- Meningkatkan supply management.
- Memperpendek waktu produksi.
Manfaat
menggunakan E-Commerce oleh konsumen :
-
Dapat dilakukan dimana saja – kapan saja
-
Lebih banyak pilihan produk dan jasa
-
Harga lebih murah
-
Pengiriman/penyampaian segera
-
Ketersediaan informasi
-
Kesempatan berpartisipasi
-
Wahana komunitas elektronik
-
Personalisasi, sesuai selera
-
Tidak dikenai pajak penjualan
Sumber :
Diakses hari Kamis , 21 Juni 2012 pukul 18.30
Tidak ada komentar:
Posting Komentar