Tugas
minggu 5
Kelas : 1EB21
Nama Anggota : 26211720 SHAKINA DWIANDARI
25211878 RANI HANIFAH
26211986 SYARAFINA GHASSANI
21211893 DESMA PUTRI NURWANDINI
20211954 ANNISA DWI PUTRI
Kelas : 1EB21
Nama Anggota : 26211720 SHAKINA DWIANDARI
25211878 RANI HANIFAH
26211986 SYARAFINA GHASSANI
21211893 DESMA PUTRI NURWANDINI
20211954 ANNISA DWI PUTRI
Planning
Planning
(perencanaan) merupakan pemilihan atau penetapan tujuan organisasi
dan penentuan strategi kebijaksanaan program dalam metode sistem
anggaran dan standar yg dibutuhkan untuk mencapai tujuan.
Organizing
Organizing
(pengorganisasian) :
1.
Penentuan sumber daya dan kegiatan yg dibutuhkan untuk mencapai
tujuan organisasi.
2.
Perancangan dan pengembangan suatu organisasi atau kelompok kerja yg
akan dapat membawa hal-hal tersebut ke arah tujuan yang baik.
3.
Adanya penegasan tanggung jawab tertentu
4.
Pendelegasian wewenang yg diperlukan kepada individu untuk
melaksanakan tugasnya.
Staffing
Staffing
(penyusunan) adalah penarikan (recruitment) latihan dan pengembangan
yang memberi orientasi pada karyawan dalam lingkungan kerja yg
menguntungkan dan bersifat secara produktif.
Leading
Leading
(pengarahan) adalah mendapatkan karyawan untuk melakukan apa yang
harus mereka lakukan. Pekerjaan leading, meliputi lima macam
kegiatan, yaitu mengadakan
komunikasi, mengambil keputusan, memberi semangat,
inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka
bertindak, memilih orang-orang yang akan menjadi anggota
kelompoknya, dan memberikan suatu wawasan juga pengetahuan agar
terampil dalam usaha mencapai suatu tujuan
Controlling
Controlling
(pengawasan) adalah penemuan dan penerapan cara dan alat utk
menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dgn yg telah
ditetapkan.
Directing
atau Commanding
Directing
atau Commanding adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha
memberi bimbingan, saran, perintah atau instruksi kepada bawahan
dalam melaksanakan tugas masing-masing, agar tugas dapat dilaksanakan
dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan
semula.
Penerapan
Dalam Diri :kita bisa mengatur segala hal yang kita punya dengan
baik, dalam kegiatan sehari-hari saya suka manage waktu saya antara
kuliah dengan mengerjakan bisnis saya (oriflame) saya harus adaptasi
di dunia perkuliahan agar semuanya berjalan dengan lancar. Saya
juga belajar untuk mengatur uang agar tidak cepat habis dan boros.
Saya menabung sebagian uang saya di bank dan manfaatnya saya bisa
lebih nyaman dengan memanage waktu dan uang saya. Semuanya berjalan
dengan lancar sesuai yang saya inginkan.
Manfaat
Manajemen :
-
Manajemen sebagai suatu proses,
-
Manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas
manajemen
- Manajemen sebagai suatu seni dan sebagai suatu ilmu pengetahuan
- Manajemen sebagai suatu seni dan sebagai suatu ilmu pengetahuan
2.
Apa ciri manajer profesional berdasarkan keterampilan manejemen yang
berkaitan :
*
Dengan hubungan antar pribadi
* Dengan informasi
* Dengan pengambilan keputusan
* Dengan informasi
* Dengan pengambilan keputusan
Jawab
:
Berkaitan
dengan hubungan antar pribadi :
Pemimpin
lambang (figurehead)
Kepala simbolis untuk menjalankan sejumlah kewajiban rutin yang bersifat legal dan social.
2.Pemimpin (leader)
Bertanggung jawab untuk memotivasi dan mengaktifkan para bawahan
3.Penghubung (liaison) untuk memelihara suatu jaringan kontak luar yang berkembang sendiri yang memberikan dukungan maupun informasi.
Kepala simbolis untuk menjalankan sejumlah kewajiban rutin yang bersifat legal dan social.
2.Pemimpin (leader)
Bertanggung jawab untuk memotivasi dan mengaktifkan para bawahan
3.Penghubung (liaison) untuk memelihara suatu jaringan kontak luar yang berkembang sendiri yang memberikan dukungan maupun informasi.
Berkaitan
dengan informasi :
1.
Pemantau (monitor) sebagai pusat saraf informasi internal dan
eksternal
2. Penyebar (disseminator) : meneruskan informasi yang diterima dari orang luar atau dari bawahan
3. Juru bicara ( spokesperson ) : meneruskan informasi kepada orang luar mengenai rencana, kebijakan, tindakan, dan hasil organisasi berkaitan dengan pengambilan keputusan.
2. Penyebar (disseminator) : meneruskan informasi yang diterima dari orang luar atau dari bawahan
3. Juru bicara ( spokesperson ) : meneruskan informasi kepada orang luar mengenai rencana, kebijakan, tindakan, dan hasil organisasi berkaitan dengan pengambilan keputusan.
Berhubungan
dengan pengambilan keputusan :
1.
Wirausaha ( entrepreneur ) : mencari kesempatan dalam organisasi dan
lingkungannya dengan cara usaha-usaha yang bisa dilakukan secara
baik
2. Pengendali gangguan ( disturbance handler ) : bertanggung jawab atas tindakan korektif bila organisasi menghadapi gangguan mendadak dan penting.
2. Pengendali gangguan ( disturbance handler ) : bertanggung jawab atas tindakan korektif bila organisasi menghadapi gangguan mendadak dan penting.
3. Bentuk-bentuk Organisasi
Bentuk
Organisasi Garis
Bentuk
ini merupakan bentuk organisasi paling tua dan paling sederhana
diciptakan oleh Henry Fayol. Biasa juga disebut dengan organisasi
militer, cirinya adalah struktur organisasi ini relatif kecil, jumlah
karyawan yang relatif sedikit, saling kenal, dan spesialisai kerja
yang belum begitu rumit dan tinggi.
Bentuk
Organisasi Fungsional
Bentuk
ini merupakan sebagian pimpinan tidak mempunyai bawahan yang jelas
karena setiap pimpinan berwenang memberikan komando pada bawahannya.
Bentuk ini dikembangkan oleh FW Taylor.
Bentuk
Organisasi Fungsional dan Staff
Bentuk
ini merupakan kombinasi dari bentuk organisasi fungsional dan bentuk
organisasi garis dan staff. Adapun kebaikan dan keburukan dari bentuk
organisasi ini adalah juga merupakan kombinasi dari bentuk diatas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar