Kamis, 21 Juni 2012

Artikel E-Commerce

Nama   : Desma Putri Nurwandini
NPM   : 21211893
Kelas   : 1 EB 21


       Istilah E-Commerce / Electronic Commerce yang dalam Bahasa Indonesia adalah perdagangan elektronik yang memiliki pengertian yaitu suatu kegiatan atau proses transaksi menjual dan membeli termasuk pemasaran suatu produk (barang/jasa) dengan menggunakan media utama Internet.
E-Commerce juga dapat didefinisikan dari beberapa sudut pandang, antara lain :
  • Perdagangan : penyediaan sarana untuk membeli dan menjual produk, jasa, dan informasi melalui Internet atau fasilitas online lainnya
  • Proses Bisnis : menjalankan proses bisnis secara elektronik melalui jaringan elektronik, menggantikan proses bisnis fisik dengan informasi
  • Layanan : cara bagi pemerintah, perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya pelayanan/operasi sekaligus meningkatkan mutu dan kecepatan layanan bagi konsumen
  • Komunikasi : pengiriman barang, jasa, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau sarana electronik lainnya
       Sebelum era elektronik/internet, batas-batas geografi menjadi penghalang suatu perusahaan atau individu yang ingin menembus pasar internasional. Sehingga, hanya perusahaan atau individu dengan modal besar yang dapat memasarkan produknya ke luar negeri. Namun dengan seiring perkembangan teknoligi dewasa, ini dengan media elektronik internet pengusaha kecil dan menengah dapat memasarkan produknya secara internasional cukup dengan membuat situs web atau dengan memasang iklan di situs-situs internet tanpa batas waktu dan tentu saja pelanggan dari seluruh dunia dapat mengakses situs tersebut dan melakukan transaksi secara on-line.
       Para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus bertatap muka satu sama lainnya. Penjual tidak memerlukan nama dari pembeli sepanjang mengenai pembayarannya telah disepakati oleh penyedia sistem pembayaran yang telah ditentukan, yang biasanya dengan kartu kredit. Banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-commercen dengan menawarkan barang tak berwujud separti data, software dan ide-ide yang dijual melalui internet.
       Industri teknologi informasi melihat kegiatan E-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), pemasaran elektronik (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
       E-commerce merupakan bagian dari E-business, di mana cakupan E-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, E-commerce juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk E-commerce ini.
Jenis-jenis transaksi E-Commerce :
  1. Busines to Busines (B2B)
  2. Bussines to Cunsumer (B2C)
  3. Consumer to Consumer (C2C)
  4. Consumer to Bussines (C2B)
  5. Non-Bussines Electronic Commerce
  6. Intrabussines (Organizational) Electronic Commerce.
Manfaat menggunakan E-Commerce dalam dunia bisnis oleh suatu perusahaan antara lain :
  • Ketersediaan informasi yang lebih banyak dan mudah diakses.
  • Globalisasi Produksi, distribusi dan layanan konsumen.
  • Mengurangi biaya transaksi dengan adanya system order, pembayaran dan logistik secara online dan otomatis.
  • Dapat meningkatkan mangsa pasar.
  • Menurunkan biaya operasional .
  • Melebarkan jangkauan .
  • Meningkatkan customer loyalty.
  • Meningkatkan supply management.
  • Memperpendek waktu produksi.
Manfaat menggunakan E-Commerce oleh konsumen :
-        Dapat dilakukan dimana saja – kapan saja
-        Lebih banyak pilihan produk dan jasa
-        Harga lebih murah
-        Pengiriman/penyampaian segera
-        Ketersediaan informasi
-        Kesempatan berpartisipasi
-        Wahana komunitas elektronik
-        Personalisasi, sesuai selera
-        Tidak dikenai pajak penjualan
Sumber : 

Diakses hari Kamis , 21 Juni 2012 pukul 18.30

Tidak ada komentar:

Posting Komentar