Selasa, 12 November 2013

Tugas Bahasa Indonesia 2 (Paragraf Deduktif)

Paragraf Deduktif

Pertumbuhan Ekonomi Melambat

              Pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh melambat dibandingkan periode sebelumnya. Angka pertumbuhan ekonomi kuartal III Tahun 2013 yang disampaikan Badan Pusat Statistik (BPS) sebesar 5,6%, sehingga secara keseluruhan hingga kuartal III ekonomi Indonesia tumbuh 5,8% . Dengan adanya dari pertumbuhan ekonomi yang melambat tersebut maka menimbulkan berbagai masalah ekonomi, salah satunya tingkat pengangguran. Dimana hubungan antara pertumbuhan ekonomi dengan pengangguran sangat erat.  Pertumbuhan ekonomi adalah angka kemakmuran suatu negara dengan spesifiknya pendapatan perkapitanya. semakin rendah angka pengganguran di suatu negara maka pertumbuhan ekonomi tinggi, begitu pula sebaliknya.
      Perlambatan ekonomi Indonesia diperkirakan akan ikut mengerek angka pengangguran. Angka pengangguran Indonesia tahun ini masih meningkat. Berdasarkan hasil survey Badan Pusat Statistik (BPS), hingga akhir Agustus 2013 tingkat pengangguran terbuka di Indonesia tercatat sebesar 7,39 juta orang atau sekitar 6,25 persen. Perlambatan ekonomi ini akan mempengaruhi jumlah kesempatan kerja baru dimana terjadinya pelambatan dalam penyerapan tenaga kerja.
               Selain itu, adanya penambahan usia dari bukan angkatan kerja menjadi angkatan kerja. Untuk mengantisipasi hal ini , pemerintah bakal merilis paket kebijakan ekonomi jilid II pada tahun ini. Paket ini berkaitan dengan insentif fiskal insentif untuk meng-adress isu dari balance of payment, termasuk perpajakan. Dengan adanya paket tersebut, pengangguran dapat diminimalisasi dan sekaligus dapat mengantisipasi perlambatan ekonomi Indonesia.


Sumber :

Ket:
Bergaris Bawah = Umum
TIdak Bergaris Bawah  = Khusus


Tidak ada komentar:

Posting Komentar